My Blog List

Tuesday, August 2, 2011

Waks! Air Zamzam Palsu Ternyata Juga Banyak Beredar di Makkah

MAKKAH - Sejumlah warga asing ilegal dan beberapa warga negara Saudi telah membuat dan menjual air Zamzam palsu sebagai profesi yang menguntungkan. Mereka mencampur air Zamzam dengan air biasa dan menjual campuran sebagai air Zamzam murni.
Waks! Air Zamzam Palsu Ternyata Juga Banyak Beredar di Makkah
Penjual jerigen di depat pengisian air Zamzam masjidil Haram
Air palsu mungkin memiliki efek kesehatan yang merugikan yang dapat berbahaya bagi pengguna, demikian Arab News melaporkan. Para penjual air Zamzam palsu menyebar di sepanjang jalan raya, di sekitar pintu keluar dan masuk ke Makkah, dan bahkan di dekat Masjidil Haram. Mereka melakukan perdagangan ilegal tanpa mengindahkan pihak yang berwenang yang selalu mengejar mereka.

Arab News melakukan investigasi ke tempat-tempat air Zamzam palsu diproduksi. Tur dimulai di daerah Masjidil Haram di daerah Al-Ghazzah, di mana banyak orang dari Afrika menjadikannya sebagai profesi ilegal.
Mereka membeli galon kosong baru dalam berbagai warna, meletakkan sejumlah kecil air Zamzam ke dalamnya dan mengisi sisanya dengan air biasa. Mereka melakukan pencampuran air di tempat-tempat yang jauh dari pantauan dan kemudian membawa produk mereka ke daerah Al-Ghazzah dimana biasanya terjadi konsentrasi jamaah dan pengunjung. Operasi mereka berlangsung terus 24 jam sehari, tetapi mereka melarikan diri dan bersembunyi setiap kali melihat tim keamanan.
Di daerah Kudai, yang memiliki stasiun pompa untuk air Zamzam, sejumlah orang Afrika, Burma dan Bangladesh mengisi galon mereka dengan air Zamzam. Ditempat lain mereka mencampurnya dengan air biasa, dan menjual campuran itu untuk dipasarkan para pengasong di sekitar Expressway Jeddah-Makkah.
Sepanjang tol, khususnya di dekat pompa bensin di sekitar keluar Makkah, beberapa kelompok penjual air Zamzam oplosan juga ditemukan. Mereka meletakkan galon mereka di truk kecil yang diparkir di sana, menutupinya dengan kain. Di sini, air Zamzam tak hanya dioplos, tapi juga menjadi tak higienis karena terpaan matahari dan debu terus menerus.
Penjual air Zamzam palsu menghasilkan lebih dari 400 riyal sehari, bahkan menurut pantauan Arab News, bisa sampai 600 riyal selama akhir pekan dan liburan sekolah musim panas. Sebuah galon besar air campuran dijual dengan harga 15 riyal, medium 10 riyal, dan kecil 5 riyal. Mereka membeli air Zamzam dari stasiun pemompaan dengan harga 2 riyal per galon.
Konsultan dan dokter spesialis memperingatkan terhadap risiko air tersebut, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk diare dan tifus. Mereka menyarankan agar jamaah sebaiknya mengisi sendiri galon mereka di pompa pengisian air zamzam gratis di Kudai atau Masjidil Haram.
Redaktur: Siwi Tri Puji B
Sumber1: Arab News
Sumber2: http://www.republika.co.id/berita/internasional/global/11/05/09/lkwsy2-waks-air-zamzam-palsu-ternyata-juga-banyak-beredar-di-makkah

No comments:

Post a Comment